REVIVAL TAMPILAN TERBAIK DENGAN WINDOWS 7 DAN BROWSER GOOGLE CHROME
Info

SELAMAT DATANG

Selamat datang di REVIVAL BLOG- saya senang Anda berada di BLOG SAYA, Dan jangan lupa untuk kembali lagi ya, Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang menarik di blog saya.

About Me

Nama saya DAVIN, Saya Bukan Seorang Blogger, Desainer atau Apapun Tapi Saya Hanya Seseorang Yang Ingin Selalu Belajar dan Ingin Tahu Sesuatu Yang Baru...

Jumat, 19 Agustus 2011

CARA CRIMPING


Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan antar peralatan yang berhubungan dengan komputer network (PC, hub, switch, router). Yang dimaksud dengan kabel UTP adalah hanya kabelnya, sedangkan Socket Cabelnya adalah RJ-45 (Register Jack).

ALAT DAN BAHAN

1. Kabel UTP 
2. Konector RJ-45
3. Tang Crimping 
4. Cable Tester UTP

Urutan Cable STRAIGHT

Ujung 1
1. Orange putih
2. Orange
3. Hijau Putih
4. Biru
5. Biru Putih
6. Hijau
7. Coklat putih
8. Coklat
Ujung 2 
1. Orange putih
2. Orange
3. Hijau Putih
4. Biru
5. Biru Putih
6. Hijau
7. Coklat putih
8. Coklat

Cara Mengcrimping

1. Siapkan semua peralatan dan bahan.

2. Potonglah ujung kabel UTP dengan Tang Crimping sehingga rata, lalu kupas bagian luar / kabel pelindung kira-kira sepanjang 2 cm dengan menggunakan pengupas kabel yang biasanya ada pada Tang Crimping.

3. Untuk konektor pertama selalu susun dengan susunan standar untuk Stright atau T568A. Tarik sedikit semua kabel yang telah dikupas sementara tangan yang satu lagi memegang bagian kabel yang tidak terkupas. Kemudian susun kembali dengan cara memelintir dan membuka lilitan pasangan kabel.

4. Rapikan susunan kabel dengan cara menekan bagian yang dekat dengan pembungkus kabel supaya susunan kabel terlihat rata.

5. Potong ujung-ujung kabel yang tidak rata dengan pemotong kabel (bagian yang hanya memiliki satu buah pisau dan satu bagian lagi datar pada crimp tool adalah pemotong kabel) sampai rapi. Usahakan jarak antara pembungkus kabel sampai ujung kabel tidak lebih dari 1cm.

6. Dengan tetap menekan perbatasan antara kabel yang terbungkus dan kabel yang tidak terbungkus, coba masukan kabel ke konektor RJ-45 sampai ujung-ujung kabel terlihat dibagian depan konektor RJ-45. Kalau masih belum coba terus ditekan sambil dipastikan posisi kabel tidak berubah.

7. Setelah yakin posisi kabel tidak berubah dan kabel sudah masuk dengan baik ke konektor RJ-45 selanjutnya masukan konektor RJ-45 tersebut ke Tang Crimping untuk di pres. Ketika konektor dalam kondisi di dalam Tang Crimping, pastikan kembali kabel sudah sepenuhnya menyentuh bagian RJ-45 dengan cara mendorong kabel ke dalam RJ-45. Pastikan juga bahwa bagian pembungkus kabel sebagian masuk ke dalam konektor RJ-45.

8. Kemudian anda bisa menekan Tang Crimping supaya semua pin RJ-45 masuk dan menembus pelindung kabel UTP yang kecil. Apabila kurang kuat menekan kemungkinan kabel UTP tidak tersobek oleh pin RJ-45 sehingga kabel tersebut tidak Conect. Apabila pembungkus bagian luar tidak masuk kedalam konektor RJ-45, dan apabila kabel tersebut sering digerak-gerakan, kemungkinan besar posisi kabel akan bergesar dan bahkan lepas.

9. Lakukan langkah-langkah di atas untuk ujung kabel yang satunya lagi.

10. Apabila sudah yakin memasang kabel UTP ke RJ-45 dengan kuaat selanjutnya adalah test dengan menggunakan Cable Tester untuk memeriksa fungsionalitas dan kualitas kabel yang barusan dibuat.


Lihat Juga Artikel Lainnya!:

0 komentar:

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Ini ?

Protected by Copyscape DMCA Copyright Search